Perbedaan Layar OLED, Super Amoled, TFT dan IPS yang perlu Anda Ketahui!

Bagi kamu para pecinta Smartphone mungkin sudah tidak asing lagi bila mendengar layar OLED, Super Amoled, TFT dan IPS *IPS bukan jurusan di SMA, seriously please!

Banyak sekali smartphone zaman sekarang yang menggunakan layar diatas, dari mulai OLED, Super Amoled, TFT dan IPS. Dari mulai smartphone yang berbasis Android, Windows Phone, sampai iOS. Tapi walaupun kita sering dengar, apakah kamu tau perbedaan diantara mereka?

Baik, pada artikel kali ini aku akan bahas tentang perbedaan Perbedaan layar OLED, Super Amoled, TFT, dan IPS!



1. OLED

Organic Light-Emitting Diode (OLED) atau diode cahaya organik adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm. Kelebihan OLED sendiri adalah warna menjadi mendekati natural ketika di proses dengan smartphone ber-layar OLED


2. Super Amoled

Hampir sama dengan OLED. Bedanya, Super Amoled lebih mendekati warna asli, gambar tajam serta penggunaan daya yang rendah sekali. Smartphone yang pertama kali menggunakan layar Super AMOLED adalah Samsung, perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini, pertama kali mengeluarkan inovasinya menciptakan layar sentuh dengan berbasis layar super amoled pertama didunia.

3. TFT

TFT adalah layar yang sering kita jumpai bersarang pada smartphone low-end hingga mid-low. TFT sendiri singkatan dari Thin Film Transistor, kualitasi dari layar ini cenderung lebih bagus dari pada layar LCD yang keberadaannya berangsung-angsur punah.


4. IPS

Mungkin sudah jarang kita mengenal layar IPS dengan nama IPS itu sendiri. Karena perusahaan besar seperti Apple sudah membuat layar Retina atau yang biasa kita kenal dengan Retina Display itu berdasarkan dari layar IPS yang di padukan dengan LED backlit serta tambahan pada resolusinya, sehingga menghasilkan layar yang tajam dan cerah.


--Corning Gorilla Glass

Corning Gorilla Glass sebenarnya bukan teknologi yang pantas di masukan dalam list kali ini, tapi berhubung banyak sekali smartphone yang mengadopsi teknologi ini, disini aku akan menjelaskannya lebih lanjut.

Gorilla Glass, secara harfiah berarti kaca gorila, adalah merek dagang terdaftar untuk lembaran kaca alkali-aluminosilikat yang diproduksi oleh pabrik kaca Corning asal Amerika Serikat. Kaca ini direkayasa dengan menggabungkan ketipisan, keringanan, dan daya tahannya terhadap kerusakan. Kaca ini lebih banyak digunakan sebagai kaca pelapis perangkat elektronik portabel seperti telepon genggam, pemutar media portabel, layar komputer jinjing, dan beberapa layar televisi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL INSTALL MIUI 9 PREMIUM di Xiaomi Mi5 by kang dimas [XIAOMI mi5 ROM] - VIDEO

Daftar Custom ROM Android 8.0 Oreo - Download Untuk Device Kamu!!