Sabtu, 21 April 2018

Lebih Mengenal Tentang Apa Itu Unlock Bootloader Pada Smartphone

assalamualaikum wr. wb. semua nya terutama kalian para penikmat teknologi.
artikel kali ini mimin mau share kepada kalian yang masih awam terutama dalam dunia opreker android. dan bahasan kali ini yang mimin bahas adalah UBL atau kepanjangan dari Unlock Bootloader, apakah yang di maksud dengan Unlock Bootloader tersebut ? mari kita bahas bareng-bareng karena yang sendiri itu gak enak :(

Di jaman era teknologi smartphone menjadi peranan penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, bahkan bangun sampai tidur kembali kita tidak lepas dari smartphone dan teknologi lain nya. 

karena memang dengan smartphone, mengerjakan sesuatu jadi lebih mudah dan menyenangkan. dengan ilmu teknologi yang semakin hari semakin pesat, semakin tinggi pula minat orang untuk tau ilmu yang lebih dalam terhadap tekhnologi dalam smartphone.

beberapa istilah muncul dalam ilmu dunia smartphone dan salah satu nya adalah yang kita bahas kali ini yaitu tentang UBL/ Unlock Bootloader. 

jika kalian adalah anggota dari forum-forum android maka kalian pasti tidak asing dengan istilah UBL bahkan sudah tau itu apa dan guna nya untuk apa. tapi artikel ini di tujukan buat kalian  yang masih awam terhadap istilah UBL tersebut atau bisa kita sebut masih pemula dalam dunia oprek android.



PENGERTIAN UBL ( UNLOCK BOOTLOADER )

isitilah ini sangat melekat di kalangan pengguna android, memang apa sih UBL itu ? 

mimin mau memberikan sedikit penjelasan tentang pengetian UBL ini secara Umum dan beberapa penjelasan pada contoh unlock bootloader tersebut.

UBL adalah kepanjangan dari kata Unlock Bootloader.

Dan unlock bootloader ini mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar, 

kenapa demikian ?? bisa kita sebut bootloader itu adalah sistem keamanan (kunci) di android agar android kita selalu terlindungi. dan istilah untuk membuka bootloader tersebut adalah UBL tadi.


APA KEKURANGAN DAN KELEBIHAN DARI UNLOCK BOOTLOADER ?

berikut adalah kelebihan dan kekurangan nya :

Kekurangan dari UBL :

1. Hilangnya garansi dari samrtphone setelah melakukan unlock 

bootloader

2. Smartphone kalian akan jadi kurang aman karena rentan terhadap 

virus (Malware) dan lain-lain.

3. Hilangnya fitur keamanan dari smartphone kalian, contoh yaitu 

Find Devices


Kelebihan dari UBL :

1. Smartphone sudah pastinya mendukung akses root (Rooted)

2. Pemasangan TWRP Recovery (Custom Recovery) pastinya sudah bisa 

3. bisa mengisntall Xposed

4. bisa mengganti ROM (Custom ROM) sesuai keinginan

5. Mendukung kebutuhan modifikasi system android Dan masih banyak 

hal menarik lainnya.


KESIMPULAN :

jadi jika kalian ingin berkecimpung di dunia opreker. maka hal utama yang kalian lakukan adalah unlock bootloader smartphone kalian, tanpa unlock bootloader kalian tidak akan bisa memasang TWRP di android kalian terutama para pengguna xiaomi, walau sebenar nya tidak semua smartphone itu harus di Unlock Bootloader untuk memasang TWRP karena beberapa tipe dan merk ponsel android tidak perlu melakukan unlock bootloader untuk bisa memasang twrp, contoh tipe xiaomi redmi 1s, tipe tersebut tidak memerlukan UBL untuk memasang twrp jadi tidak perlu repot-repot harus request UBL terlebih dahulu.

oke sekian saja pembahasan UBL kali ini, mimin minta maaf jika artikel nya masih belum sempurna. tapi setidak nya mimin sudah berbagi kepada kalian dengan ilmu yang mimin punya. sekian terima kasih. salah satu darah :)


EmoticonEmoticon